Rabu, 22 Oktober 2008

BUPATI PANIAI BANTAH ANIAYA KETUA KPU

Jayapura - Bupati Paniai Naftali Yogi membantah telah melakukan penganiayaan dan percobaan pembunuhan terhadap Ketua KPU Paniai Zeth Yaimo. Hal ini menyusul aksi demo yang dilakukan oleh keluarga Ketua KPU Paniai Zeth Yaimo di halaman kantor gubernur Dok II Jayapura saat pelaksanaan Musrembangda Papua, Rabu (30/4) lalu. Aksi demo keluarga ini menyita perhatian peserta Musrembang.
Pamflet dan spanduk bertuliskan “Bupati Paniai Melakukan Penganiayaan dan Percobaan Pembunuhan terhadap pejabat penyelenggara negara Ketua KPU Paniai”.
Kepada wartawan di Jayapura Bupati Yogi yang didampingi Ketua DPRD Paniai Yan Tebay menegaskan permasalahan yang dihadapinya bermula dari tanggal 22 April lalu di Enarotali–Kabupaten Paniai, saat dirinya melantik pejabat eselon 2, 3 dan 4 di jajaran Pemkab Paniai.
Sehari kemudian dilakukan penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA). Kemudian pada 24 April sebagai orang pertama di kabupaten ini, dirinya berkonsentrasi menandatangani berkas-berkas yang akan dipersiapkan untuk pelaksanaan Musrembang Provinsi di Jayapura.
“Hari itu saya tidak bisa menerima tamu sama sekali karena kesibukan saya,” tuturnya.
Saat itulah datang Zeth Yaimo dan staf kepegawaian, Freddy ke kediamannya dan ingin bertemu dengannya. Karena kesibukannya, ia menolak untuk bertemu. Saat itulah di dalam rumahnya keluar kata-kata makian dari mulut kedua orang ini, sehingga langsung dibawa keluar oleh petugas keamanan.
“Sama sekali tidak ada pemukulan waktu itu, saya hanya suruh pengawal untuk bawa mereka keluar dari rumah jabatan,” katanya lagi. Malah, mereka melakukan pelemparan ke rumah kediamannya dan membawa massa.
Persoalan dirinya dengan Ketua KPU Paniai menurut Bupati sebenarnya hanya soal jabatan saja, di mana Freedy memprotes dirinya dilantik sebagai pejabat eselon. Padahal, menurut struktur jabatan, Freddy belum layak dilantik sebagai pejabat eselon. Hal inilah yang menurut Naftali kemungkinan memicu kemarahan Ketua KPU dan staf kepegawaian ini.
“Saya tidak akan memperpanjang persoalan ini, kita akan bicarakan secara kekeluargaan saja. Mungkin apa yang ia lakukan hanyalah emosi sesaat saja,” ujar Bupati.
Sementara itu, keluarga Zeth mengatakan telah terjadi pemukulan terhadap Zeth oleh Bupati. Istri Bupati Yogi, sempat mengeluarkan kata-kata makian terhadap Zeth Yaimo.

Tidak ada komentar: